AYAT ALQURAN YANG MENJELASKAN TENTANG MEDIA PEMBELAJARAN

Para pembaca sekalian, dalam postingan kali ini, kita akan sedikit mengulas tentang ayat Alquran yang berkenaan dengan media pembelajaran. Mungkin para pembaca sekalian dalam menerapkan media pembelajaran tidak pernah berfikir kalau media atau perantara itu sudah termaktub dalam Alquran.

 

Mari kita simak ayat-ayat Alquran berikut ini:

اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ (٣)

3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,

 

الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (٤)

4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],

 

عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (٥)

5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

 

Dari beberapa ayat diatas, maka dapat kita lihat bahwa Allah menjelaskan dalam proses pembelajaran atau proses pentransferan pengetahuan kepada manusia dari yang semula tidak tahu menjadi tahu, itu menggunakan perantara berupa pena. Menurut tafsir, pena disini yang dimaksud adalah baca dan tulis.

 

Secara tidak langsung, Allah mengisyaratkan bahwa Allah itu akan memberikan pengetahuan kepada manusia, akan tetapi itu tidak langsung begitu saja, tidak mungkin Allah tiba-tiba mentransferkan pengetahuan langsung ke otak kita. Akan tetapi, Allah akan memberikan pengetahuan kepada kita melalui perantara.

 

Jadi kesimpulannya, Allah juga sudah mengisyaratkan bahwa penggunaan media itu memang penting dalam proses pentransferan pengetahuan.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

Belum ada komentar. Tulislah komentar pertama!

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)